Public Class frmMain
Private strPlayer As String = "" ‘ Proses ini Digunakan untuk melacak yang mendapat giliran’
‘Deklarasi variabel yang mewakili sel papan permainan’
Private
strpbxA1 As String
= "Open"
Private
strpbxA2 As String
= "Open"
Private
strpbxA3 As String
= "Open"
Private
strpbxB1 As String
= "Open"
Private
strpbxB2 As String
= "Open"
Private
strpbxB3 As String
= "Open"
Private
strpbxC1 As String
= "Open"
Private
strpbxC2 As String
= "Open"
Private strpbxC3
As String = "Open"
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
SetGameDefaults()’ Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang menetapkan standar tugas’
ClearBoard()’ Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur
yang membersihkan papan permainan’
End Sub
Private Sub
SetGameDefaults()
txtOutput.Text = "Click on Play to
begin" ‘Proses ini Digunakan untuk menampilkan
pesan awal’
strPlayer = "Player X" ‘Proses
ini Digunakan untuk mengatur pemain X untuk pergi pertama’
End
Sub
Private Sub ClearBoard()
‘Proses ini Digunakan untuk memuat gambar yang kosong ke setiap sel papan permainan’
pbxA1.Image = imlSquares.Images(2)
pbxA2.Image = imlSquares.Images(2)
pbxA3.Image = imlSquares.Images(2)
pbxB1.Image = imlSquares.Images(2)
pbxB2.Image = imlSquares.Images(2)
pbxB3.Image = imlSquares.Images(2)
pbxC1.Image = imlSquares.Images(2)
pbxC2.Image = imlSquares.Images(2)
pbxC3.Image = imlSquares.Images(2)
‘Proses ini Digunakan untuk menandai setiap sel papan permainan sebagai pembuka dan yang tersedia untuk seleksi’
strpbxA1 = "Open"
strpbxA2 = "Open"
strpbxA3 = "Open"
strpbxB1 = "Open"
strpbxB2 = "Open"
strpbxB3 = "Open"
strpbxC1 = "Open"
strpbxC2 = "Open"
strpbxC3 = "Open"
End Sub
Private Sub btnExit_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles btnExit.Click
Me.Close()
End Sub
Private Sub btnPlay_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles btnPlay.Click
ClearBoard()’ Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang membersihkan keluar papan permainan’
PlayGame()’ Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur untuk
memulai bermain game’
End Sub
Private Sub PlayGame()
‘Proses ini Digunakan untuk Posting pesan yang
mengidentifikasi siapa yang mendapat giliran’
txtOutput.Text = strPlayer & "'s
turn."
‘Proses ini Digunakan untuk mengaktifkan semua sel papan permainan’
pbxA1.Enabled = True
pbxA2.Enabled = True
pbxA3.Enabled = True
pbxB1.Enabled = True
pbxB2.Enabled = True
pbxB3.Enabled = True
pbxC1.Enabled = True
pbxC2.Enabled = True
pbxC3.Enabled = True
btnPlay.Enabled = False ‘Proses ini Digunakan untuk menonaktifkan akses tombol Play’
End Sub
‘Prosedur ini mengeksekusi
ketika seorang pemain klik pada sel pertama pada baris
pertama’
Private Sub pbxA1_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxA1.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk untuk melacak status permainan’
‘Proses ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxA1 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxA1.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxA1 = "Player X"
Else
pbxA1.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxA1 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
' Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang
menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika
seorang pemain klik pada sel
kedua pada baris pertama’
Private Sub pbxA2_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxA2.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk untuk melacak status permainan’
‘Proses ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxA2 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxA2.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxA2 = "Player X"
Else
pbxA2.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxA2 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
' Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika seorang pemain
klik pada sel ketiga pada baris pertama’
Private Sub pbxA3_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxA3.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk melacak
status permainan’
‘Beritahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxA3 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxA3.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxA3 = "Player X"
Else
pbxA3.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxA3 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang
menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika
seorang pemain klik pada sel
pertama pada baris kedua’
Private Sub pbxB1_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxB1.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk melacak status permainan’
‘Proses ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxB1 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxB1.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxB1 = "Player X"
Else
pbxB1.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxB1 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan
telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang
menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika
seorang pemain klik pada sel kedua pada baris kedua’
Private Sub pbxB2_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxB2.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk melacak status permainan’
‘Proses
ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxB2 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxB2.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxB2 = "Player X"
Else
pbxB2.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxB2 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan
telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang
menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika
seorang pemain klik pada sel ketiga pada baris kedua’
Private Sub pbxB3_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxB3.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk melacak status permainan’
‘Proses
ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxB3 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxB3.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxB3 = "Player X"
Else
pbxB3.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxB3 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika seorang pemain
klik pada sel pertama di baris ketiga’
Private Sub pbxC1_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxC1.Click
Dim strGameOver As String = ""
‘Proses ini Digunakan untuk melacak status permainan’
‘Proses ini Digunakan untuk memberitahu pemain jika sel telah dipilih’
If strpbxC1 <> "Open"
Then
txtOutput.Text = "The square has
already been taken." & _
ControlChars.CrLf & strPlayer & "'s
turn."
Return ‘Proses ini Digunakan untuk meninggalkan prosedur Sub’
End If
If strPlayer = "Player
X" Then
pbxC1.Image = imlSquares.Images(1)
strpbxC1 = "Player X"
Else
pbxC1.Image = imlSquares.Images(0)
strpbxC1 = "Player O"
End If
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang memeriksa apakah permainan
telah dimenangkan’
strGameOver = CheckForWinner()
‘Proses ini Digunakan untuk pemanggilan prosedur yang menyatakan pemain diaktifkan atau menampilkan pesan yang menyatakan pemenang’
DetermineGameStatus(strGameOver)
End Sub
‘Proses ini Digunakan untuk mengeksekusi ketika seorang pemain
klik pada sel kedua di baris ketiga’
Private Sub pbxC2_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles pbxC2.Click
Tidak ada komentar:
Posting Komentar