Konsep C# :
Objektif:
. MengenalPemrogramanC#
. Mengerti Cara Mengkompilasi Aplikasi C#
. Membuat Aplikasi Console C#
- --
---
2.1. Mengenal Pcmrograman C#
Bahasa C# (dibaca C sharp) adalah suatu asel yang terdapat dalam .NET
Framework. Anda dapat menggunakan C# untuk membuat file eksek.'USiyang
berdiri sendiri atau untuk membuat isi alau content dinamis dalam sebuah web
fonn.
Jika anda barn mengenal C#, anda bisa mulai menggunakannya dengan
membuat aplikasi C# sederhana yang mungkin. Ada banyak tipe dari aplikasi
yang dapat dibuat dengan bahasa C#. Beberapa dari salah satu yang lazim yang
mana anda dapal membuat windows application, web service, ASP.NET
application, dan console application. Jika anda menginginkan suatu aplikasi
scderhana, sebual1 console application adalah pilihan yang baik.
Memulai bal1asa C#, anda dapat membuat suatu aplikasi console standar
«Hello Word". Untuk menulis aplikasi perlama anda, anda membutuhkan sebuah
text editor, seperti notepad, untuk menghasilkan source code (kode sumber). Tipe
file yang sangat dipertahankan dari kode C# adalah sebuM file class. Suatu class
C# adalah sebuah file teks yang disimpan dengan ekstensi file *.cs. Anda dapat
mengkompilasi class ini dengan compiler C# (csc.exe) yang terdapat pada
command prompt yang mana membuat file cksekusi berekstensi file *.exe.
Pada aplikasi C#, anda dapat menggunakan alias namespare untuk
memudallkan pengaruh class-class .NET Framework. Alias namespace digunakan
untuk merekomendasi atau memberi keterangan suatu class di dalam .NET
Framework. Berikut merupakan suatu contoh source code sederhana untuk
pemrograman C# :
using system;
class hello
{
static void main() (
console. writclinc('Hello Word");
}
Ekstensi default dari file C# adalah .cs, kemudian akan dikompilasi menjadi file
eksekusi menjadi file berekstensi .exe.
1"'1
IlIustrasi dari progam ini dapat dilihat sebagai berikut
. Using system : merupakan referensi langsung dari name space yang
disebut system yang telah di$edikan oleh .NET. name space ini mengandung
console class yang terdapat pOOametode main. Name space menyediakan arti
secara hirarkial dari pengorganisasian elemen kelas libary. "Hello, World"
program menggunakan console. writeline sebagai sebuah kependekan dari
System. console. writeline. System adalah sebuah name space, console sebagai
kelas yang didefinisikan pada name space dan writeline adalah metode statis
yang didefinisikan pada kelas ini.
. Mainfimction merupakan member statis dari kelas Hello.
Funclions dan Variabcl lidak lerdapal pada level global~ sepcrli clemen yang
harn didefinisikan pOOaType.
. Output Hello World dihasilkan melalui penggunaan kelas library. C# sendiri
tidak mempunyai kelas libary sendiri. Sehingga penggunaan kelas library pada
C# menggunakan kelas library yang dipakai pada Visual Basic dan Visual
C++.
Untuk C dan C++ developer, adalah menarik unluk dilihat bahwa ada perbedaan
mendasar pada bahasa C & C++ lcrhadap C# . Program ini tidak menggunakan baik operator" : : " ataupun "->". Operator "
::" bukanlah operator C# dan operalor "->" hanya digunakan pOOasebagian
kecil C# program. C# menggunakan "." sebagai pemisah pOOapenggunaan
fungsi seperti Console. Writeline
. Program ini tidak mengandung pendeklarasian awal. Pendeklarasian awal
tidak pemah digunakan pada program C# , seperti juga perinlah deklarasi
tidaklah sama.
. Program ini tidak menggunakan #include untuk mengimpor tex1 program.
Keterganlungan antar program lelah dilangani secara simbolik dibandingkan
secara text program. System ini menghilangkan batasan penulisan antar
program yang ditulis menggunakan bahasa berbeda. Sebagai contoh , kelas
Console dapat digunakan pada C# alau pOOabahasa pemograman lain.
17
2.2. Mengkompilasi Aplikasi C#
Setelah anda buat file C#, anda dapat mengkompihsifile ke dalam
program eksekusi yang dapat anda jalankan. Sebuah compiler adalah aIat program
utilitas yang mcngambil program sumber-file teks yang dapat dibaca- dan
mengkonversi file teks atau program sumber ke dalam file eksekusi-file biner
yang mana sistem operasi dari komputer mengetahui bagaimana program berjalan.
Untuk mengkompilasi aplikasi, buka command prompt dan masuk ke
direktori dimana file sumber ditempatkan (contoh C:\Csharp). Anda dapat
menggunakan perintah csc.cxe untuk meminta compiler C#. Untuk menetapkan
file sumber yang anda ingin dikompilasi, singkatnya ketikkan spasi dan lalu nama
dari file yang anda ingin dikompilasi.
Pada saat perintah sedang beljalan, file sumber digunakan oleh compiler
C# untuk membuat program eksekusi. Jika anda membuat suatu aplikasi console,
anda keIjakan, lalu jalankan program eksekusi dengan menuliskan nama filenya.
Aplikasi console adalah program eksekusi yang beIjalan dari baris perintah.
Compiler C# memiliki banyak pilihan yang dapat anda tetapkan ketika
mengkompilasi suatu aplikasi.
Catalan :
I . Jib anda terhiasa dengan JX-'ffirogrnmanIx-'Torientasiobject, anda ml:ngetahui suntu
class mendefinisikan opcrasi-opcrasi objek yang dnpat dilak-ukan. Mcskipun suatu
class sccara umum terdiri dari dua definisi dnn implemcntasi, class dapat memiliki
satu atau lebili nnggota-anggota class yang tidak memiliki implementasi.
2. Suatu contoh dnri scbuah class .NET Framework adalah sebuah objek. Anda dapat
mengakscs tugns objek dcngan memanggil metode dari objek dan mengakscs
properticsnya, event clan field. Sctiap bahasa memilih sintaksnya scndiri untuk
. membuat eontoh atau model dari class-class. Bahasa CN mcrupakan bahasa yang
case-sensitive. Akan dapat ditcmui bug pcrtama dengan mcngkompile apliknsi CN.
Unt1Jkmenghindnri masalah dari case-sensitive, anda dapat menggunakan editor dan
compiler yang mcmbantu ol'ngan memenuhinya dengan case sensitive.
3. Perlu andn ketnhui bila andn nkan mengkompilasi suntu file *.cs di dalam direktori
nnda hams tcrscdia file csc.exc, cscomp.dll, cscompmgd.dll, escompui.dll,
csc.cxe.eonfig.
1"
- . ......
2.3. Mendeklarasikan Variabel
Anda dapat menyimpan inCormasi ke dalam suatu variable. Ketika anda
mendeklarasikan variable, anda dapat mengatur lokasi dalam mcmori dimana
program anda dapat menyimpan banyak nilai yang dibutuhkan untuk melakukan
suatu lugas. Mendeunisikan sebuah variable memungkinkan anda untuk menandai
dalam memudahkan mengingat nama ke suatu lokasi memori.
Pada duma nyata, anda dapat memberikan banyak klasiukasi dari
informasi. Informasi ini dapat menjadi pcnunjuk langgal, uang, nama orang, atau
umur. Ketika anda membangun aplikasi yang menggunakan inCormasi ini, anda
akan mcmbutuhkan tcmpal pcnyimpanan scmentara yang nilainya unluk
selanjutnya digunakan dalam aplikasi.
Menggunakan variable dalam CII membuluhkan pendcklarasian dan
penginisialisasian. Deklarasi menjclaskan bagaimana suatu aplikasi
mengalokasikan memori untuk informasi yang ingin anda simpan. lni adalah
langkah pertarna dalam menggunakan variable dan dibutuhkan sebelum anda
melaksanakan penginisialisasian. Inisialisasi adalah pclelakkan nilai inisial dari
variablc.
Untuk mendeklarasikan sebuah variable dalam CII, anda buluh untuk
menenlukan tipe apa dari inCormasiyang ingin anda simpan. Tipe dari informasi
yang anda simpan akanmeletakkanapa lipe data yang tepatuntuk digunakan.Jika
anda menyimpan nama depan seseorang, anda dapat menggunakan tipe data string
unluk media penyimpanannya. Jika anda menyimpan umur seseorang, anda dapat
menggunakan satu dari tipe data integer.
2.4. Menginisialiasasi Varia bel
Setelah anda mendeklarasikan sebuah variable, anda inisialisasi variable
tersebut dengan memberikannya sebuah nilai. Nilai ini dapat langsung tiba
sebagai akibat dari suatu operasi dengan menan..~ahkan dua angka atau gabungan
sebuah string, dari pengembalian sebuah method, atau dari nilai sebuah property
atau field dalam sebuah objek.
1<:
- .- ---
..
Ketika memilih sebuah nama variable, anda memerJukan pemberian nama
variable yang berarti. Sebagai contoh, jika anda menyimpan variable nama depan
orang, sebaiknya anda memberikan nama seperti strFirstName.
Anda pcrlu tabu bahwa tipe data telah tersedia dalam CII. tabel 2.1 ini adalah
informasi tipe data yang digunakan oleh C#.
Tipe Data KeteralJgan Contoh
Object Tipc dasar yang utama dari semua tipc data Object 0 =new stackO
yang lainnya
String Tipc string; suatu rangkaian dari karaktcr String s = "hello";
Sbyte Tipc sign-integer 8 bit Sbyte val = 12;
Short Tipc sign-intc'ger 16 bit Short val = 12;
lnt Tipc sign-integer 32 bit lnt val = 12;
Long Tipc sign-integer 64 bit Long val =12;
Byte Tipc unsign-integcr 8 bit Byte val = 12;
Ushort Tipc unsign-integcr 16 bit Ushort val = 34U;
Uint Tipc unsign-integcr 32 bit Uint val =34U;
Ulong Tipc unsign-integcr 64 bit Ulong val =34UL;
Float Tipc floating point single-precision Float value = 1.23 F;
Double Tipc floating point double-precision Double val =4.56D;
Bool Tipc Boolean nilainya terdiri dar; "T", "F" Bool value = true;
Char Tipc karakter Char value = 'h ';
Decimal Tipc desimal 28 digit Decimal value = 1.23M;
2.5. Appendiks C#
Pendeklarasian Variabel
Int.x;
Int x = 100;
Keteranagan
'pemberian nilai variabel x . . =
100
Pemberian Komentar
II komentar
1*komentar dcngan
banyak baris */
Ketcranagan
'II pemberian komentar salu
baris
'/*... */' komentar banyak
baris
Kctcrangan
Nilai A meniadi nol
Stalemen If
If (args.1ength==0)
Console. writeline ("Tidak ada penulisan");
Else
Console.writeline ("Ada penulisan")
'menarnpilkan dua pesan
berbeda tergantung dari
perintah yang disedikan
Slatemen Case
Switch(n) {
Case 0:
Console. writeJine ("Zero");
Break;
Case 1:
Console. writcline ("One");
Break;
Case 2:
Console. writeline ("Two");
Break;
Default:
Console. writeline ("?");
'menapilkan perintah case
yang apabila diinput 0 akan
menghasilkan output
"Zero", 1 akan
menghasilkan output "One"
dan apabila todak ada input
secara otomatis akan
menghasilkan output "1"
nb : tanpa tanda kutip
}
Stalemen While
While (n<100)
n++;
Keterangan
Menarnpilkan pengulangan
dengan while sebanyak 100
x
1"7
Statemen For
for (int i =0; i < 10; i++)
console. writeline(i);
Stalement Foreach
Keterangan
Membaca dari console
hingga user mengetikkan
Exit dan menekan enter
Keterangan
Menggunakan statement for
untuk menampilkan nilai
intelZer dari 1 hin{!ga 10
~ - ... _A' _ _.. - - _A. _" n.._____... ... ___ ___, __..
{
static void writeline(ArrayList list) {
forcach (object 0 in list)
console. writcline( 0);
}
static void MainO {
ArrayLisl list = new ArrayListO;
For (int i =0; i < 10; i++)
List.add(i);
WriteList(list);
Menggunaknan statement
foreach untuk melakukan
itcrasi terhadap element
yang terdapat dalanl list
Penggunaan Array
{
static void MainO
{
int[] arr =new int [5];
for (int i =0; i < arr.Iength; i++)
arr[i] =i * i;
for (int i = 0; i < arr.length; i++)
console. writeline("arr[ {O}] = {I}", i , arr
riD;
}
}
Menampilkan array /
(pengulangan) satu dimensi
daru nilai int,
menginisialisasi eIemen
arry dan kemudian
mencetak tiap - tiap
elemen.
Outputnya sbb:
Arr[O]=0
Arr[I] =1
Arr[2] =4
Arr[3] =9
Arr[4] = 16
10
Parameter yang dilalui oleh nilai
II Metodenya
void ABC(int x)
{
............
IIMcmanggi I mctodenya:
ABC(i);
Parameter yanl.! dilalui oleh Referensi
II Metodenya:
void ABC(refint x)
{
.............
}
IIPcmanggilan metodenya :
ABC(refi);
Penanganan Masalah Terstruk1ur
II try-catch-rinally
try
{
if (x = = 0)
throw new System. Exception ('x sarna dengan 0');
else
throw new System. Exception ('x tidak sam dcngan
0')
}
catch (System Exception err)
{
System Console.Writeline (err.message);
}
finally
System.Console.Writcline ("mengeksekusi blok
finally")
)
Keteran
Keterangan
10
LABGIUDE 1
MEMBUAT APLIKASI CONSOLE C#
Anda akan membuat suatu aplikasi sederhana dari concole application C#.
Anda akan dihadapkan pada suatu permasalahan dimana terdapat suatu rancangan
output sepcrti pada gambar 2.1 di bawah ini.
Sebclum Diurutkan:
Makan di Chicken buffet
Lari Marathon 10KM
Pergi ke DUFAN naik Kora-kora
Setclah Diurutkan:
Lari Marathon 10KM
Makan di Chicken buffet
Pcrgi ke DUFAN naik Kora-kora
Gambar 2.1 Rancangan Output Menu
Gambar 2.1 mcngilustrasikan bagaimana mengurutkan suatu string dengan
menggunakan Array, langkah-Iangkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik start, program, lalu klik accessories, kemudian pilih Notepad
2. Kemudian anda tulis kode seperti berikut,
using Systcm~
namcspacc ApplyArrays
{
class Sample
{
static void MainO
{
slringLJ smyList = {"Makan di Chick<""Ibluffel",
"Lari MaraLlJon 10 KM",
"Pcrgi ke DUFAN naik Kora-kora"};
Console. Writc("Scbclum Diurutkan:\n");
Console. WriteLinc(" {O}\n {I }\n{2 }\n",smyList);
Arr'ay.Sort(smyLis1):
Console. WrileLinc( "\nSclclah Diurutkan: ")~
Console.WriteLinc(" {O}\n{I }\n{2}\n",smyLisl)~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar